Tuesday, July 31, 2012

Amal Shaleh Di Bulan Ramadhan

Secara umum, memperbanyak amalan saleh dibulan ramadhan merupakan hal yang sangat mulia dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, namun ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk diperbanyak dibulan ramadhan. Diantaranya:
 
MEMPERBANYAK BACAAN AL-QUR'ANUL AL-KARIM
Bulan ramadhan adalah bulan diturunkannya al-qur’an, sehingga seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak tilawatul qur’an dibulan yang penuh berkah ini.Berkata Ibnu Abbas Radhiallahu anhuma: “Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam, adalah manusia yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan disaat bulan ramadhan, tatkala Beliau ditemui oleh Jibril, dan Jibril menemuinya pada setiap malam dibulan ramadhan lalu mengajarkan kepadanya al-qur’an. Sungguh Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam, lebih cepat dalam berbuat kebaikan daripada angin yang berhembus.”
(Muttafaq alaihi)
Berkata Al-Hafizh Ibnu Rajab Al-Hambali Rahimahullah:
“Hadits ini menunjukkan anjuran mempelajari al-qur’an dibulan ramadhan dan berkumpul dalam mempelajarinya, dan membacakan al-qur’an kepada orag yag lebih hafal darinya. Didalamnya juga terdapat dalil tentang anjuran memperbanyak membaca al-qur’an dibulan ramadhan.”
(Lathaif al-ma’arif:242-243)
 

MEMPERBANYAK SEDEKAH
Telah disebutkan dalam hadits Ibnu Abbas diatas bahwa Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam, lebih meningkatkan kedermawanannya dibulan ramadhan, karena keutamaan yang berlipat ganda yang akan diraih bagi mereka yang memperbanyak sedekah.
Berkata Imam Syaifi’i Rahimahullah:
Aku menyukai seseorang meningkatkan kedermawanannya dibulan ramadhan dengan mencontoh Nabi Shallallohu ‘alaihi wasallam, dan karena kebutuhan manusia dibulan tersebut untuk memenuhi kemaslahatan mereka, dan karena banyak diantara mereka yang meninggalkan mencari penghasilan dengan menyibukkan diri dalam berpuasa dan shalat.”
(Mukhtashar Muzani, bersama kitab Al-Umm:9/68)
Termasuk sedekah adalah memberi makan kepada orang- orang yang berpuasa. Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasalla, bersabda:
“Barangsiapa yang memberi makan kepada orang yang berpuasa, maka dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala yang berpuasa itu sedikitpun.”
(HR.Tirmidzi, Nasaai, Ibnu Majah dan yang lainnya, dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radiyallohu anhu)


UMRAH DI BULAN RAMADHAN
Menunaikan umrah dibulan apa saja termasuk penghapus dosa bagi orang yang mengamalkannya dengan penuh keikhlasan dan mengikuti tuntunan Rasul . Namun menunaikannya dibulan Ramadhan, mendapatkan keutamaan khusus bagi yang mengamalkannya. Rasulullah  bersabda menjelaskan keutamaan Umrah dibulan ramadhan:
“Sesungguhnya menunaikan umrah dibulan itu setara dengan amalan haji.”
(HR.Muslim (1256) dari Ibnu Abbas )
Dalam sebagian riwayat: “Setara dengan haji bersamaku.”
(HR.Bukhari (1256) dari Ibnu Abbas)


I'TIKAF
I’tikaf adalah menetapnya seorang muslim di masjid dengan tujuan beribadah kepada Allah Subhaanahu wata’aala. I’tikaf dibulan ramadhan terkhusus sepuluh malam terakhir merupakan amalan yang dianjurkan, agar seorang yang menikmati ibadah dibulan ramadhan dapat lebih berkonsentrasi dalam ibadah dan bersungguh- sungguh untuk meraih keutamaan dimalam lailatul qadar.Berkata Aisyah Radhiallahu Anha:
“Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam, senantiasa melakukan i’tikaf pada sepuluh hari terakhir dibulan ramadhan hingga Allah Subhaanahu wata’aal, mewafatkannya.”
(Muttafaq alaihi)

Inilah sebagian amalan mulia yang dianjurkan dbulan ramadhan, semoga Allah memberi taufik kepada kita semua untuk mengamalkannya.


Ditulis oleh:
Abu Muawiyah Askari bin Jamal
9 ramadhan 1433 H


 

0 komentar:

Post a Comment

 

by blogonol